SIKLUS PENDAPATAN PENJUALAN DAN PENAGIHAN KAS

 SIKLUS PENDAPATAN: PENJUALAN DAN PENAGIHAN KAS

A.     Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut. Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan:

1.      Entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap: 

a. Mengambil pesanan dari pelanggan

b. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan 

c. Memeriksa ketersediaan persediaan

2.      Pengiriman, proses ini terdiri dari dua tahap: 

a. Mengambil dan mengepak pesanan 

b. Mengirim pesanan tersebut

3.      Penagihan dan Piutang Usaha, melibatkan: 

a. Penagihan ke para pelanggan 

b. Memelihara data piutang usaha

4.      Penagihan Kas , melibatkan: 

a. Menangani kiriman uang pelanggan 

b. Menyimpannya ke bank

Tujuan utama siklus pendapatan adalah untuk menyediakan produk yang tepat di tempat

dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.

B.     Prosedur Pemrosesan Informasi

Entri Pesanan Penjualan

Fungsi entri pesanan penjualan mencakup tiga aktivitas utama, yaitu :

1 Mengambil pesanan dari pelanggan

2 Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan

3 Memeriksa ketersediaan persediaan

 

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

SIA harus menyediakan informasi operasional yang dibutuhkan untuk melakukan fungsifungsi berikut ini:

1. Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan.

2. Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak.

Pengiriman

Pekerja gudang bertanggung jawab untuk memenuhi pesanan pelanggan dengan

memindahkan barang dari bagian persediaan.

Penagihan dan Piutang Usaha

Dua aktivitas yang dilakukan pada siklus pendapatan adalah:

1. Faktur pelanggan

2. Menyimpan rekening pelanggan

 

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

Contoh informasi tambahan yang seharusnya SIA sediakan:

1. Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan

2. Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan

3. Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang

4. Kepuasan pelanggan

5. Analisis pangsa pasar dan tren penjualan

6. Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan.

 

Penagihan Kas

Dua bagian yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:

1. Kasir

2. Fungsi piutang dagang

C.    Pengendalian: Tujuan, Ancaman, dan Prosedur

Di dalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan

pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai:

1. Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.

2. Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).

3. Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat.

4. Semua transaksi dicatat dengan akurat.

5. Aset (kas, persediaan, dan data) dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.

6. Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.





 

 

D.    Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan dan Model Data

Model data REA menyediakan satu metode untuk merancang basis data yang efisien terintegrasi baik data keuangan dan operasi.

 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan:

Data Operasional Data operasional dibutuhkan untuk mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :

1. Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan

2. Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak

3. Menentukan ketersediaan persediaan

4. Memilih metode untuk mengirim barang

 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan:

Informasi Sekarang dan Masa Lalu Informasi yang lampau dan yang saat ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan strategis berikut ini :

1. Menentukan harga produk dan jasa

2. Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi

3. Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan

4. Menentukan kebutuhan pinjaman jangka pendek

5. Merencanakan kampanye pemasaran yang baru

 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan:

Penilaian Kinerja SIA juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting berikut ini :

1. Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan

2. Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan

3. Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang

4. Tingkat dan tren kepuasan pelanggan

5. Analisis pangsa pasar dan tren penjualan

6. Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan

7. Volume penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan

 

8. Keefektifan iklan dan promosi

9. Kinerja staf penjualan

10. Pengeluaran piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit

 

Model Data Siklus Pendapatan

Empat kegiatan bisnis besar dalam siklus pendapatan (Pesanan, memenuhi pesanan, pengiriman dan penagihan kas)



Komentar

Postingan Populer